6 Perawatan Rambut yang Tepat Bagi Wanita Berhijab


Annisadaily.com -- Meski tertutup hijab, tentu kita tak boleh mengabaikan kesehatan rambut. Bahkan kondisi rambut yang tertutup hijab, mengharuskan kita untuk lebih ekstra dalam merawat rambut. Mengapa demikian? Rambut yang tertutup hijab akan membuat kulit kepala lebih cepat mengeluarkan keringat. Nah, kulit kepala yang kotor bisa menyebabkan masalah rambut seperti: rambut lepek dan apek, gatal di kulit kepala sampai ketombe yang membuat aktivitas jadi tidak nyaman. Nggak lucu kan, kalo saat hang out bersama bestie kita sibuk garuk-garuk kepala. Nah, biar rambut tetap sehat meski dibalut hijab seharian, yuk, simak ulasan 6 Perawatan Rambut yang Tepat Bagi Wanita Berhijab


1. Keramas secara Rutin

cr: Febry Sym on Unsplash

Ladies, siapa nih yang keramas saat rambut sudah terasa lepek dan apek saja? Uups... ada baiknya kebiasaan ini mulai dihindari ya. Keramas dengan sampo dan kondisioner secara teratur dapat memperbaiki kondisi rambut. Jangan asal pilih produk keramas juga, pastikan kamu tahu kondisi masalah rambut yang sering menimpamu, misalnya masalah ketombe, rambut lepek, atau rambut rontok. Dengan produk yang tepat masalah rambut dan kulit kepala juga akan tertangani dengan tepat. 

Selain produk, ada baiknya kamu mencuci rambut dengan air dingin. Air dingin dapat menutup pori-pori rambut dan meratakan folikel rambut, sehingga akar rambut jadi lebih kuat dan mengurangi masalah kerontokan rambut. 

2. Menggunakan Vitamin Rambut

cr:instagram/sunslikid

Vitamin rambut berfungsi untuk menutrisi rambut, memperkuat helai rambut dan  memperbaiki rambut yang rusak. Kamu bisa menggunakan vitamin rambut seminggu atau dua minggu sekali. Cukup oleskan vitamin rambut yang kamu pilih pada saat rambut setengah kering. Diamkan beberapa menit sampai kering seutuhnya. Beberapa produk vitamin rambut ada yang harus dibilas ada juga  yang tanpa bilas. Namun, vitamin rambut seperti ellips tanpa bilas ada baiknya tidak dioleskan mengenai kulit kepala, ini untuk membuat rambut tidak terasa berat. 

3. Manjakan Rambutmu dengan Creambath

cr:instagram/sunsilkid

Sesekali boleh lah kamu memanjakan rambut dengan creambath. Creambath rambut bertujuan untuk menyegarkan kulit kepala dan rambut. Saat melakukan treatment creambath rambut, kulit kepalamu akan dipijat untuk memaksimalkan penyerapan krim creambath ke kulit kepala dan rambutmu. Selain itu, creambath juga memberi efek relaksasi dari pijatan di kepala. Creambath juga mengatasi masalah rambut kering, rambut bercabang, rambut kasar sampai rambut rontok. 


4. Kuatkan Rambut dengan Hair Mask

cr:instagram/laudyacynthiabella

Namun, apabila hair treatment seperti creambath di salon terlalu pricey. Kamu bisa memilih alternatif perawatan rambut lain, seperti hair mask (memberi masker rambutsendiri di rumahCaranya mudah saja, pastikan rambut sudah dicuci dan dibilas sampai bersih. Peras dan biarkan setengah kering. Lalu pakai hair mask ke seluruh rambutmu dengan merata. Tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Rambutmu akan lebih kuat sampai ke akar-akarnya. 


5. Perhatikan Proses Pemakaian Hijab

cr: Hasan Almasi on Unsplash

Menjaga rambut juga ditentukan dari cara kita dalam memasang hijab. Ada beberapa tips yang wajib dilakukan supaya rambut di dalam hijab tetap sehat. Pertama, gunakan hijab saat rambut kering sempurna. Rambut yang setengah kering lalu dibalut hijab akan membuat rambut jadi cepat apek dan lepek. Kedua, Jangan ikat rambut terlalu kencang. Dan ketiga, ganti dalaman jilbab seperti ciput secara rutin. Ciput yang tidak diganti juga membuat rambut cepat kotor dan rusak.

6. Pilih Hijab yang Tepat

cr: Irfan Zharauri on Unsplash

Pilih kain hijab yang dapat memberikan sirkulasi udara yang baik dan tidak terlalu ketat. Sehingga, kulit kepala tetap bernafas dengan nyaman. Kamu bisa memilih hijab dari bahan voal, corn skin, wolfis  dan katun yang nyaman saat digunakan sepanjang hari.


Itulah beberapa inspirasi cara perawatan agar rambutmu tetap sehat.  Terimakasih telah menyimak artikel 6 Perawatan Rambut yang Tepat Bagi Wanita Berhijab sampai akhir. Jangan lupa rawat diri kita dari dalam dan luar agar selalu healthy inside and outside. Semoga, artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada sahabat, bestie, atau keluarga kamu. Semoga bermanfaat.


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Buat kamu yang sedang mencari kosmetik lengkap dan murah (grosir & ecer), kamu bisa datang ke TOKO CANTIK Pagotan, Madiun cek Instagram @tokocantikmadiun. Banyak varian kosmetik yang dijual seperti Wardah, Emina, Viva, Vaseline, Implora, Mustika Ratu, Ponds, Garnier, Sariayu, Madame Gie, Hanasui, dll.  TOKO CANTIK sudah populer sebagai penjual kosmetik/supplier lengkap di Madiun.

Info lebih lanjut & pemesanan hubungi WhatsApp 085792178363.