Make Up Pengantin Terbaru dengan Adat Jawa untuk Pengantin Berhijab


Annisadaily.com --  Meski model pernikahan modern kini sedang marak-maraknya, tetapi pernikahan dengan prosesi dan busana adat tak akan pernah ditinggalkan. Pasalnya, pernikahan dengan proses dan busana adat sangat sarat makna yang positif. Sebagai suku terbesar di Indonesia, banyak juga perempuan Jawa melangsungkan pernikahan dengan mekap dan busana khas adat Jawa. Meski dahulu, busana adat Jawa cenderung terbuka dengan model basahan/kemben dan sanggul, namun kini mekap dan busana khas adat Jawa juga bisa diaplikasikan bagi kita yang berhijab loo!

Riasan adat Jawa juga memiliki beberapa variasi, sebagian tetap mengaplikasikan paes (riasan yang digambar pada dahi hingga rambut), namun sebagian lagi tidak memoleskan paes di dahinya. Tenang saja, banyak mekap pengantin Jawa dengan berhijab tapi tetap membuatmu terlihat cantik dan elegan. Simak ulasan Make Up Pengantin Terbaru dengan Adat Jawa untuk Pengantin Berhijab di bawah ini: 

1. Make Up Pengantin Adat Jawa dengan Cithak 

cr:instagram/ratisya_makeup

Cithak atau hiasan berbentuk belah ketupat yang dipasang di tengah dahi, juga bisa menjadi ciri khas mekap pengantin Adat Jawa. Cithak dapat membuat riasanmu makin terlihat istimewa. Selain itu, cithak juga memiliki makna yang mengandung nasihat baik, yaitu penutup agar si pengantin terhindar dari perbuatan buruk yang dilakukan oleh orang lain. 


2. Makeup Pengantin Adat Jawa dengan Hiasan Kepala

cr:instagram/ulfisintamakeup

Lengkapi hijabmu dengan hiasan kepala khas adat Jawa seperti centung atau gunungan. Centung bisa diletakkan di kedua sisi kepala. Kamu bisa memilih hiasan kepala dengan aksen emas yang terlihat mewah dan berkelas. Untuk riasan sendiri, kamu boleh banget memilih lipstik dengan warna merah bold yang membuatmu makin tampil berkharisma. 

3. Makeup Pengantin Adat Jawa dengan Tampilan Natural 

cr:instagram/syaqina.bridal

Riasan natural juga bisa digunakan untuk mekap pengantin khas adat Jawa. Dengan kebaya kemilau dengan aksen warna soft purple, Sahabat bisa memilih hiasan dengan finishing soft look. Misalnya, memoleskan blush on dengan warna pink, lipstik dengan warna hot pink. Riasan mata bisa dipoles dengan eyeshadow combination dengan palet warna gold yang shimmery. Jangan lupa, lukis juga tanganmu dengan henna putih untuk melengkapi tampilan cantikmu. 

4. Makeup Pengantin Adat Jawa dengan Hiasan Bunga Melati

cr:instagram/dhitafebryl

Tampil dengan riasan bold juga cocok riasan pengantin dengan adat Jawa. Riasan bold, seperti lipstik dengan warna merah bata yang terlihat matte akan mempertegas tampilanmu. Riasan mata pun tampil tajam dengan model eyelashes smokey lover yang terlihat tegas sekaligus mempesona. Dan, sanggul hijabmu kurang lengkap rasanya bila tidak ada hiasan bunga. Kamu bisa memilih hiasan kepala dengan bunga-bunga melati dan mawar untuk membuatmu tampil bak putri keraton Jawa. 

5. Makeup Pengantin Adat Jawa dengan Padu Padan yang Pas

cr:instagram/ayyunazzuyyin

Saat memutuskan memilih busana dan riasan khas adat Jawa, pilih juga warna kebaya, hiasan kepala, manset sampai mekap wajah yang terlihat senada, supaya tampilanmu terlihat harmonis dan cantik. Untuk busana dan hiasan kepala dengan nuansa emas, pilihan riasan natural dengan palette warna pink pada pipimu akan membuatmu terlihat merona. Supaya, terlihat dewasa dan siap menuju jenjang pernikahan, pilihan lipstik dengan warna teracota sangat pas untuk finishing touch-mu. 

Terimakasih telah menyimak artikel Make Up Pengantin Terbaru Adat Jawa dengan Pengantin Berhijab sampai akhir. Jangan lupa rawat diri kita dari dalam dan luar agar selalu healthy inside and outside. Semoga, artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada sahabat, bestie, atau keluarga kamu. Semoga bermanfaat.

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber