Makeup Pengantin Adat Jawa ala Muslimah yang Bikin Pangling


Annisadaily.com -- Sebagai suku terbesar di Indonesia, tak heran bila makeup pengantin adat Jawa menjadi keyword makeup yang paling sering dicari. Pengantin dengan busana dan riasan adat Jawa memang memiliki ciri khas tersendiri. Setiap aksesoris dan riasan wajah dengan adat Jawa tertentu mengandung pesan-pesan yang baik untuk si pengantin wanita, seperti pengaplikasian paes, cithak dan lain sebagainya.

Di luar itu, berbeda dengan makeup natural yang khas dengan gaya no makeup look, makeup pengantin Jawa cukup banyak menggunakan model riasan yang bold yang bahkan membuat tampilan wajah si pengantin terlihat 'manglingi' (beda dari biasanya, tapi terlihat lebih cantik). Khusus untuk Sahabat yang sedang mencari referensi makeup pengantin adat Jawa ala Muslimah yang bikin pangling, simak inspirasinya di bawah ini:


1. Makeup Pengantin Adat Jawa dengan Busana Hitam

cr:instagram/alfulailah46

Selain warna putih, ada juga baju pengantin dengan warna hitam. Warna hitam menjadi simbol kebijaksaan dan keluhuran. Untuk busana pengantin yang hitam, riasan wajah pun juga harus menyesuaikan. Ada baiknya, riasan wajah juga menggunakan warna-warna yang lebih bold. Misalnya, memulas bibir dengan lipstik warna burgundy yang matte dan tahan lama. 


2. Makeup Pengantin Adat Jawa dengan Busana Putih

cr:instagram/enykacumalla

Busana pengantin putih memang lebih mudah untuk di-mix and match-kan dengan gaya riasan apa pun. Sahabat bisa memilih riasan dengan warna yang gelap maupun yang lebih terang (seperti pada riasan wajah di atas). Pengantin di atas memulas eyeshadow dengan gradasi dua warna plus sentuhan glitter di atasnya. Eyeshadow ini akan membuat riasan mata jadi makin terlihat cantik dan manglingi. 


3. Makeup Pengantin dengan Cithak

cr:instagram/jitaningrum

Cithak adalah hiasan berbentuk belah ketupat yang dipasang di  tengah dahi, biasanya berwarna hijau emerald. Cithak mengandung nasihat supaya si pengantin terhindari dari segala perbuatan buruk. Untuk mengaplikasikan cithak, Sahabat bisa memadukannya dengan gaya riasan bold, seperti di atas. Riasan mata dengan gaya smokey eyes makin membuat cithak di tengak kening jadi terlihat makin istimewa. 


4. Makeup Pengantin dengan Paes dan Alis Menjangan

cr:instagram/paesmanten

Salah satu ciri khas pernikahan adat tradisional Jawa adalah penggunaan paes sebagai aksesoris dalam busana dan riasan si pengantin wanita. Paes dibentuk di kening dengan warna hitam dan berbentuk garis lengkung. Nah, paes sendiri juga masih bisa diterapkan untuk pengantin muslimah berhijab. Seperti pada pengantin di atas. 

Selain paes, makeup pengantin Jawa yang bikin pangling adalah alis menjangan. Alis menjangan adalah bentuk alis yang bercabang layaknya tanduk rusa. Alis menjangan juga simbol dari wanita yang harus cerdas, cerdik dan anggun. 
 

5. Makeup Pengantin dengan Sentuhan Warna Ungu

cr:instagram/riarajameelamakeup

Di luar busana warna hitam dan putih, Sahabat juga bisa memilih busana dengan warna yang sesuai selera, misalnya memilih busana dan riasan berwarna ungu. Riasan pada eyeshadow dan blush on dipilih dengan warna pink keungan yang membuat wajah jadi terlihat lebih segar. Secara keseluruhan, warna ungu ini membuat tampilan pengantin jadi terlihat manis dan anggun. 

6. Makeup Pengantin Flawless

cr:instagram/titihmakeup

Riasan yang flawless sudah pasti membuat tampilanmu jadi pangling. Untuk itu, pastikan MUA yang kamu pilih bisa menutupi segala kekurangan di wajah dengan baik, seperti jerawat, noda hitam, dan bekas jerawat. Agar makin bersinar, kamu juga bisa request riasan mata dengan tambahan warna putih pada ujung kelopak mata cantikmu.


Itulah beberapa inspirasi makeup pengantin adat Jawa. Kamu bisa memilih salah satu referensi di atas untuk rancangan makeup di hari pernikahanmu. Konsultasikan dengan MUA pernikahanmu, agar tampilan wajah sesuai dengan keinganmu.

Terimakasih telah menyimak artikel Makeup Pengantin Adat Jawa ala Muslimah yang Bikin Pangling ini sampai akhir. Jangan lupa rawat diri kita dari dalam dan luar agar selalu healthy inside and outside. Semoga, artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada sahabat, bestie, atau keluarga kamu. Semoga bermanfaat.


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Buat kamu yang sedang mencari kosmetik lengkap dan murah (grosir & ecer), kamu bisa datang ke TOKO CANTIK Pagotan, Madiun cek Instagram @tokocantikmadiun. Banyak varian kosmetik yang dijual seperti Wardah, Emina, Viva, Vaseline, Implora, Mustika Ratu, Ponds, Garnier, Sariayu, Madame Gie, Hanasui, dll.  TOKO CANTIK sudah populer sebagai penjual kosmetik/supplier lengkap di Madiun.

Info lebih lanjut & pemesanan hubungi WhatsApp 085792178363.